Saturday, June 2, 2012

3. SEJARAH KEHIDUPAN BANGSA INDONESIA PADA MASA KOLONIALISME PADA ABAD KE - 17 HINGGA ABAD KE – 20

 

Kolonialisme : adalah merupakan sebutan bagi bangsa Asing, yang melaksanakan pendudukan ( koloni ), di wilayah keberadaan Bangsa Indonesia.

Bangsa : adalah , orang-orang, rakyat, atau masyarakat dalam komunitas dalam suatu wilayah, yang masih merupakan suatu rumpun ( garis keturunan ),  yang telah berlangsung dari generasi ke generasi, yang kemudian tersebar dalam wilayah yang merupakan lingkaran kehidupan atau wilayah di mana mereka bertahan serta memperoleh sumber kehidupan .

Kepulauan di wilayah Nusantara ( Indonesia pada masa lampau ), semenjak masa lampau, adalah terkenal sangat subur dan sangat melimpah ruah hasil buminya, terutama hasil bumi : rempah-rempah , yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang dari luar wilayah Indonesia. Pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit masih berlangsung hingga sampai akhir abad ke –15, perdagangan dari kawasan Timur berkembang dengan pesat terjadi, karena aktifitas dari kawasan perdagangan di Asia. Hal itu berakibat pula adanya perkembangan masuknya pengaruh Budaya Islam ( penyebaran agama Islam ) yang terjadi demikian pesat di wilayah perairan Indonesia ( jalur perdagangan ), yang kemudian mengakibatkan munculnya kerajaan-kerajaan Islam serta penguasaan-penguasaan kerajaan baru  di wilayah kepulauan Sumatera dan Jawa pada awal abad ke 16, yang bercorakan kebudayaan Islam, setelah kerajaan Majapahit perlahan-lahan mengalami kemunduran setelah tahun 1520..

Karena banyak terjadinya pertumpahan darah di kalangan para bangsawan di beberapa wilayah kerajaan yang pada awalnya adalah kerajaan besar, dalam hal perebutan kekuasaan dan putra mahkota, sehingga pada akhirnya banyak wilayah kerajaan yang terpecah belah menjadi wilayah penguasaan kerajaan-kerajaan yang lebih kecil wilayah kekuasaannya.

Dan dengan aktifitas perdagangan yang semakin meningkat dari kawasan Timur dan Asia,  hal tersebut kemudian menimbulkan datangnya orang-orang asing dari Barat, datang dan memasuki wilayah Indonesia.

Mereka adalah orang-orang Barat ( berasal dari Bangsa Barat, bangsa yang berada di belahan dunia bagian barat ) yang sangat membutuhkan rempah-rempah Indonesia, yang semula mereka membeli dari para pedagang yang berasal dari wilayah Asia, dan kemudian mereka berusaha untuk memasuki wilayah Indonesia dan mendapatkannya langsung rempah-rempah tersebut dari wilayah Indonesia.

Dan kemudian mulailah bangsa-bangsa Barat tersebut , yaitu Bangsa Portugis ( tahun 1511 di Malaka ) , Spanyol ( tahun 1521 di Maluku ), Belanda ( tahun 1605 di Ambon ) dan Inggris ( tahun 1811 di Jawa ), berdatangan memasuki wilayah Indonesia.

 

Berikut adalah peta situasi daerah penguasaan Bangsa Barat yang memasuki wilayah Indonesia dan wilayah perairan sekitarnya, yang kemudian menjadi wilayah pendudukannya

hindia-belanda

 

Mereka berlomba-lomba memperebutkan berbagai hasil bumi dan kemakmuran yang berasal dari wilayah Indonesia tersebut, sehingga lembaran hitam pendudukan mereka atas wilayah penghidupan Bangsa Indonesia mulai berlangsung, terutama pendudukan yang kemudian dberlangsungkan oleh Bangsa Belanda di berbagai wilayah kepulauan di Indonesia.

Masa pendudukan bangsa-bangsa Barat tersebut, merupakan tonggak-tonggak bersejarah dalam kehidupan berbangsa di Indonesia dalam mencapai cita-cita perjuangan Bangsa. Karena pada masa pedudukan tersebut, apa yang telah dimiliki dan diwariskan oleh para leluhur dan pendahulu Bangsa Indonesia setelah masa Kerajaan SRIWIJAYA dan Kerajaan MAJAPAHIT telah hilang kedaulatannya, di mana persatuan kebangsaan dalam wilayah pemerintahan negara telah dihancurkan, kemakmuran rakyat menjadi tertindas dan  diambil, serta pada akhirnya terbentuklah kolonialisme serta penguasaan wilayah yang hal tersebut kemudian akan berlangsung berabad-abad lamanya ( kurang lebih selama 350 tahun ).

 

Berikut adalah peta situasi wilayah kekuasaan kerajaan Majapahit sebelum masa kemundurannya pada tahun 1520 ( berdasarkan pemetaan yang tertulis pada kitab Negarakertagama ) keakurasian mungkin tidak sesuai dengan aslinya tetapi ini adalah ilustrasi yang dapat mewakili.       

Majapahit_Empire

 

Sumber ilustrasi peta : Google search doc., translate picture format : Windows explorer 9.

No comments:

Post a Comment