Saturday, June 2, 2012

SEJARAH : PANCASILA


BAHAN STUDY : SANTIAJI PANCASILA
SUATU TINJAUAN FILOSOFIS , HISTORIS DAN YURIDIS KONSTITUSIONIL, DILENGKAPI DENGAN PEDOMAN PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN PANCASILA ( P4 ) DAN GARIS-GARIS BESAR HALUAN NEGARA ( GBHN ) .

PENERBIT : USAHA NASIONAL - SURABAYA - INDONESIA - 1981
____________________________________________________________________________________________


SEJARAH KEBERADAAN PANCASILA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA

Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam mencapai cita-citanya, telah berlangsung berabad-abad lamanya, berganti generasi demi generasi dengan berbagai peri kehidupan dan periode sejarah kehidupan umat manusia dalam berbagai proses dan tahapan-tahapan yang dilaluinya. Dan sejarah keberadaan PANCASILA ( penelitian – perumusan – penentuan ) sangat erat hubungannya dengan sejarah perjuangan dan keberadaan Bangsa Indonesia itu sendiri .

Karena masa kehidupan yang telah berlangsung hingga terwujudnya keberadaan Bangsa Indonesia tersebut telah berabad-abad dan sedemikian lama dan panjang, maka tonggak-tonggak sejarah ditetapkan , di mana pada periode-periode penting serta peristiwa-peristiwa yang bersejarah yang terjadi ,yang berhubungan dengan makna serta terdapatnya unsur-unsur yang terkandung dalam bulir-bulir PANCASILA , maka tonggak-tonggak sejarah tersebut , dapat diikhtiarkan secara garis besar sebagai berikut :

1 comment:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete